“Transformasi Komunikasi dalam Pendidikan Agama Kristen di Era Digital: Strategi dan Pendekatan Baru”.
DOI:
https://doi.org/10.53827/lz.v8i2.17Keywords:
Pendidikan Agama Kristen, komunikasi digital, strategi, transformasi, era digitalAbstract
Transformasi komunikasi dalam Pembelajaran Agama Kristen( PAK) jadi kebutuhan yang menekan di masa digital. Pertumbuhan teknologi memperkenalkan kesempatan sekalian tantangan dalam penyampaian nilai- nilai Kristiani kepada partisipan didik. Teknologi digital di masa saat ini ini mengganti metode data di informasikan serta diterima, menjadikan komunikasi interaktif serta berbasis media digital terus menjadi relevan dalam pendidikan agama secara spesial Pembelajaran Agama Kristen. Dalam konteks ini, pendidik mengalami tantangan buat mengintegrasikan teknologi tanpa mengabaikan esensi nilai- nilai Kristiani.
Harian ini bertujuan mengeksplorasi strategi serta pendekatan baru yang bisa digunakan buat tingkatkan daya guna komunikasi dalam PAK. Dengan menyoroti berartinya menyesuaikan diri terhadap teknologi digital, harian ini menawarkan panduan instan untuk pendidik buat memaksimalkan media sosial, platform pendidikan daring, serta perlengkapan komunikasi digital yang lain. Kajian ini diharapkan bisa jadi landasan untuk pengembangan model komunikasi transformasional yang relevan serta kontekstual, sehingga sanggup menanggapi kebutuhan generasi di masa modern.
References
A, Hermila, Sri Ayu Ashari, Rahmat Taufik R. .. Bau, and Sitti Suhada. 2023. “Eksplorasi Intensitas Penggunaan Sosial Media (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Teknik Informatika Ung).” Inverted: Journal of Information Technology Education 3(2). doi: 10.37905/inverted.v3i2.21172.
Abdul Sakti. 2023. “Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital.” Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik 2(2):212–19. doi: 10.55606/juprit.v2i2.2025.
ANANDA MUHAMAD TRI UTAMA. 2022. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” 9:356–63.
Astra, I. Made, Dian Ruharman, Jurusan Fisika, and Universitas Negeri Jakarta. 2012. “Sebagai Media Pembelajaran Pendukung.” 18(April):174–80.
Boiliu, Fredik Melkias, Yasrid Prayogo Kurniawan, Sari Handayani, Sekolah Tinggi, and Teologi Pelita. 2024. “Melintasi Batas Tradisional : Integrasi Teknologi Dalam Pendidikan Agama.” 1(1):56–73.
Doni. 2024. “Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Ada Tantangan Dan Peluang Baru.” Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi 2(2):196–210.
Doni A. 2024. “Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Ada Tantangan Dan Peluang.” Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi 2(2):196–210.
Ernawam, Donny. 2017. “Pengaruh Globalisasi Terhadap Eksistensi Kebudayaan Daerah Di Indonesia.” Jurnal Kajian Lemhannas RI 32(1):1–54.
Hawa, S., I. Ishaq, and R. S. Putra. 2021. “Personalisasi Dan Platform Pengajaran Digital (Blended Learning, Online Learning, Adaptive Learning).” At-Ta’lim: Media Informasi … 20(1):84–91. doi: 10.29300/atmipi.v20.i1.4153.
Juliantini, Ni Ketut. 2022. “Besarnya Pengaruh Era Digital Terhadap Dunia Pendidikan Khususnya Di Indonesia.” Ganesha University of Education (November):1–7.
Konseling, Jurnal Pastoral, Bincar Haposan Sibarani, Christian Religious Education, and Learning Methods. 2024. “Komparansi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Perspektif Alkitab Perjanjian Lama Dan Perjanjian Baru.” 4(2):11–27.
Kristen, Pendidikan Agama, Fredik Melkias Boiliu, Sara Yemima Purba, and Agustus Laian. 2024. “Transformasi Kerohanian Siswa Di Era Digital : Pendekatan Baru Dalam.” (1):94–110.
Lembaga Alkitab Indonesia. 2015. Alkitab. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia.
Manuahe, Y. M. R. 2024. “Teknologi Sebagai Media Komunikasi Interaktif Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 4(April).
Martin Putra Hura, Septiniar Laoli, and Marisa Aulia Gea. 2024. “Transformasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital.” Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 6(1):01–20. doi: 10.55606/corammundo.v6i1.279.
Marysca, Gabriella, Ari Rorong, and Verry Y Londa. 2021. “Perilaku Masyarakat Di Era Digital (Studi Di Desa Watutumou III Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara).” Angewandte Chemie International Edition 6(11):951–62.
Mawikere, Marde Christian Stenly. 2022. “Menelaah Dinamika Kontekstualisasi Sebagai Upaya Pendekatan Penginjilan Yang Memberdayakan Budaya Penerima Injil.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 6(2):496–512. doi: 10.30648/dun.v6i2.554.
Nainggolan, Donna Mutiara, Nehemia Nome, and Ridolf S. Th. Manggoa. 2021. “Pentingnya Kontekstualisasi Pada Pendidikan Kristen.” Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi 4(1):40–52. doi: 10.47457/phr.v4i1.140.
Rahayu, Arum Putri, Hernik Khoirun Nisak, Ahmad Wahib, and Anam Besari. 2024. “Inovasi Metode Pembelajaran Kolaboratif Di Era Digital: Studi Kasus Perguruan Tinggi Swasta Magetan: Innovation of Collaborative Learning Methods in the Digital Era: Case Study of Magetan Private Colleges.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 4(02):368–79. doi: 10.47709/educendikia.v4i02.
Rahayu, Puji. 2019. “Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak.” Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 2(1):47. doi: 10.32332/al-fathin.v2i2.1423.
San Mikael Sinambela, JA, Hermila, Sri Ayu Ashari, Rahmat Taufik R. .. Bau, and Sitti Suhada. 2023. “Eksplorasi Intensitas Penggunaan Sosial Media (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Teknik Informatika Ung).” Inverted: Journal of Information Technology Education 3(2). doi: 10.37905/inverted.v3i2.21172.
Abdul Sakti. 2023. “Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital.” Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik 2(2):212–19. doi: 10.55606/juprit.v2i2.2025.
ANANDA MUHAMAD TRI UTAMA. 2022. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” 9:356–63.
Astra, I. Made, Dian Ruharman, Jurusan Fisika, and Universitas Negeri Jakarta. 2012. “Sebagai Media Pembelajaran Pendukung.” 18(April):174–80.
Boiliu, Fredik Melkias, Yasrid Prayogo Kurniawan, Sari Handayani, Sekolah Tinggi, and Teologi Pelita. 2024. “Melintasi Batas Tradisional : Integrasi Teknologi Dalam Pendidikan Agama.” 1(1):56–73.
Doni. 2024. “Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Ada Tantangan Dan Peluang Baru.” Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi 2(2):196–210.
Doni A. 2024. “Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Ada Tantangan Dan Peluang.” Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi 2(2):196–210.
Ernawam, Donny. 2017. “Pengaruh Globalisasi Terhadap Eksistensi Kebudayaan Daerah Di Indonesia.” Jurnal Kajian Lemhannas RI 32(1):1–54.
Hawa, S., I. Ishaq, and R. S. Putra. 2021. “Personalisasi Dan Platform Pengajaran Digital (Blended Learning, Online Learning, Adaptive Learning).” At-Ta’lim: Media Informasi … 20(1):84–91. doi: 10.29300/atmipi.v20.i1.4153.
Juliantini, Ni Ketut. 2022. “Besarnya Pengaruh Era Digital Terhadap Dunia Pendidikan Khususnya Di Indonesia.” Ganesha University of Education (November):1–7.
Konseling, Jurnal Pastoral, Bincar Haposan Sibarani, Christian Religious Education, and Learning Methods. 2024. “Komparansi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Perspektif Alkitab Perjanjian Lama Dan Perjanjian Baru.” 4(2):11–27.
Kristen, Pendidikan Agama, Fredik Melkias Boiliu, Sara Yemima Purba, and Agustus Laian. 2024. “Transformasi Kerohanian Siswa Di Era Digital : Pendekatan Baru Dalam.” (1):94–110.
Lembaga Alkitab Indonesia. 2015. Alkitab. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia.
Manuahe, Y. M. R. 2024. “Teknologi Sebagai Media Komunikasi Interaktif Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 4(April).
Martin Putra Hura, Septiniar Laoli, and Marisa Aulia Gea. 2024. “Transformasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital.” Coram Mundo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 6(1):01–20. doi: 10.55606/corammundo.v6i1.279.
Marysca, Gabriella, Ari Rorong, and Verry Y Londa. 2021. “Perilaku Masyarakat Di Era Digital (Studi Di Desa Watutumou III Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara).” Angewandte Chemie International Edition 6(11):951–62.
Mawikere, Marde Christian Stenly. 2022. “Menelaah Dinamika Kontekstualisasi Sebagai Upaya Pendekatan Penginjilan Yang Memberdayakan Budaya Penerima Injil.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 6(2):496–512. doi: 10.30648/dun.v6i2.554.
Nainggolan, Donna Mutiara, Nehemia Nome, and Ridolf S. Th. Manggoa. 2021. “Pentingnya Kontekstualisasi Pada Pendidikan Kristen.” Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi 4(1):40–52. doi: 10.47457/phr.v4i1.140.
Rahayu, Arum Putri, Hernik Khoirun Nisak, Ahmad Wahib, and Anam Besari. 2024. “Inovasi Metode Pembelajaran Kolaboratif Di Era Digital: Studi Kasus Perguruan Tinggi Swasta Magetan: Innovation of Collaborative Learning Methods in the Digital Era: Case Study of Magetan Private Colleges.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 4(02):368–79. doi: 10.47709/educendikia.v4i02.
Rahayu, Puji. 2019. “Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak.” Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 2(1):47. doi: 10.32332/al-fathin.v2i2.1423.
San Mikael Sinambela, Joy Novi Yanti Lumbantobing, Mima Defliyanti Saragih, Al Firman Mangunsong, Chairun Nisa, Johan Pardamean Simanjuntak, and Jamaludin Jamaludin. 2024. “Kesenjangan Digital Dalam Dunia Pendidikan Masa Kini Dan Masa Yang Akan Datang.” Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia 2(3):15–24. doi: 10.55606/jubpi.v2i3.3003.
Sirait, PS. Rudy R. 2015. “123 OKE: Outline Khotbah Ekspositoris.” 1(1):79.
Siregar, Alya Rahmayani, Azrai Harahap, and Mahardhika Sastra Nasution. 2024. “Etika Komunikasi Media Digital Di Era Post-Truth.” 5(1):39–53.
Situmorang, Dina Yanti. 2024. “Teknologi Pendidikan Efektivitas Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Teknologi Dalam Teknologi Pendidikan.” 3(1):146–51. doi: 10.56854/tp.v3i1.231.
Suparna, Putu, Tine Silvana Rachmawati, and Yunus Winoto. 2013. “Keterbukaan Komunikasi Dalam Menciptakan Iklim Komunikasi Yang Kondusif Di Perpustakaan.” Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan 1(2):157. doi: 10.24198/jkip.v1i2.11006.
Teologi, Jurnal, and Dan Misi. 2023. “Dampak Teknologi Digital Terhadap ….” Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi 6(2):2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bincar Sibarani (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




