Sinergi Sekolah, Keluarga, Dan Komunitas Dalam Pendidikan Inklusif, Bebas Kekerasan Dan Berkeadilan Gender  

Authors

  • Dewi Sari Sumitro Universitas Esa Unggul image/svg+xml Author
  • Marcellius Lumintang Sekolah Tinggi Teologi IKAT Author

DOI:

https://doi.org/10.53827/lz.v8i2.15

Keywords:

gender equality, inclusive education, gender stereotypes, sexual violence, educational synergy

Abstract

Kesetaraan gender merupakan isu fundamental dalam pembangunan pendidikan inklusif yang masih menghadapi praktik bias, stereotip, dan kekerasan seksual yang terus ditemukan di Indonesia. Kesenjangan antara kebijakan dan praktik lapangan memperlihatkan adanya hambatan struktural yang menghalangi pendidikan inklusif. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran kesetaraan gender dalam menghapus stereotip, mencegah kekerasan seksual, sekaligus menegaskan fondasi teologisnya dalam perspektif Pendidikan Agama Kristen. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi kepustakaan dengan metode analisis isi tematik terhadap literatur, regulasi, teks biblis, dan laporan lembaga nasional. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi kesetaraan gender dalam kurikulum, pelatihan guru, dan pola asuh keluarga memperkuat literasi gender, mengurangi diskriminasi, dan membentuk karakter kritis serta toleran. Dari perspektif teologi, kesetaraan gender sejalan dengan prinsip Imago Dei (Kej. 1:27) dan kesaksian Paulus bahwa di dalam Kristus “tidak ada laki-laki atau perempuan” (Gal. 3:28). Kesimpulannya, sinergi sekolah, keluarga, komunitas, dan gereja merupakan strategi krusial dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang inklusif, berkeadilan, dan sesuai nilai iman Kristen. Rekomendasi signifikan dari penelitian ini adalah perlunya integrasi kurikulum responsif gender, pelatihan guru berkesinambungan, serta program parenting dan komunitas partisipatif sebagai model kolaborasi praktis yang dapat diadopsi secara luas.

References

(KPAI), Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Laporan Tahunan KPAI, Jalan Terjal Perlindungan Anak: Ancaman Serius Generasi Emas Indonesia. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), 2025. https://www.kpai.go.id/publikasi/laporan-tahunan-kpai-jalan-terjal-perlindungan-anak-ancaman-serius-generasi-emas-indonesia.

Ananda, D, E Aprillianda, and C K Sari. “Pendidikan Perempuan Sebagai Katalisator Perubahan Sosial Dan Kesetaraan Gender.” Pendidikan Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) 3, no. 1 (2025): 39–54. https://ejournal.lapad.id/index.php/PJPI/article/view/1041.

Apriliandra, Sarah, and Hetty Krisnani. “PERILAKU DISKRIMINATIF PADA PEREMPUAN AKIBAT KUATNYA BUDAYA PATRIARKI DI INDONESIA DITINJAU DARI PERSPEKTIF KONFLIK.” Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik 3, no. 1 (January 28, 2021): 1. https://jurnal.unpad.ac.id/jkrk/article/view/31968.

Ardiansyah, A A M, and Saqjuddin. “Gender Equality in Early Childhood Education: A Literature Review of Global Practices and Challenges.” Jurnal E-MAS (Edukasi dan Pembelajaran Anak Usia Dini) 1, no. 2 (2025): 22–35. https://jurnal.yayasanmeisyarainsanmadani.com/index.php/E-MAS/article/view/240.

Bowen, G A. “Document Analysis as a Qualitative Research Method.” Qualitative Research Journal 9, no. 2 (2009): 27–40.

Budde, Till. “Education 2030 - Sustainable Development Goal 4.” Https://Bne.Unesco.De/. Accessed September 8, 2025. https://bne.unesco.de/en/education/education-2030?utm.

Damanik, F H S, O Sukmana, and W Winarjo. “Sosiologi Kritis Dan Transformasi Pendidikan: Menggugat Ketidaksetaraan Gender Di Indonesia.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 14, no. 2 (2025): 2031–2039. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/2142.

Dewi, Lharasati, Kusniatul Anjani, Niken Dwi Nurainy, Haniatul Husna, and Gefira Nur Fatimah. “PERAN PESANTREN DAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK PERSEPSI KESETARAAN GENDER PADA SANTRI.” Madiun Spoor : Jurnal Pengabdian Masyarakat 5, no. 1 (April 24, 2025): 64–73. https://jurnal.ppi.ac.id/JPM/article/view/432.

Fanani, Istiqlal Yul, Esti Nur Wakhidah, and Muhammad Azka Sulaeman. “Kesetaraan Gender Dan Inklusi Sosial Dalam Membentuk Karakter Religius Pada Anak Sekolah Luar Biasa Di Jawa Tengah.” Jurnal Simki Pedagogia 8, no. 1 (January 1, 2025): 44–54. https://jiped.org/index.php/JSP/article/view/864.

Fatmawati, F, and D Setiawati. “Pendidikan Kesetaraan Gender Dalam Menghapus Pelecehan Seksual Dan Stereotip Perempuan Di Sekolah.” Maharsi: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sosiologi 7, no. 2 (2025): 37–52. https://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/maharsi/article/view/2002/1369.

Ibda, Hamidulloh, Andrian Gandi Wijanarko, Muhammad Naufal Hilmi, Sufi Saniatul Mabruroh, Arjaul Anzakhi, and Trifka Dila Fadhilah. “Inclusive Education Based on Gender Equality, Disability, and Social Inclusion (GEDSI) in Elementary School.” Pegem Journal of Education and Instruction 14, no. 3 (2024): 276–286. https://orcid.org//0000-0001-5535-3688.

Judiasih, Sonny Dewi. “IMPLEMENTASI KESETARAAN GENDER DALAM BEBERAPA ASPEK KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DI INDONESIA.” Acta Diurnal Jurnal Ilmu Hukum Kenotariatan dan ke-PPAT-an 5, no. 2 (June 30, 2022): 284–302. https://jurnal.fh.unpad.ac.id/index.php/acta/article/view/904.

Juwita, A N D, T N Annisa, and M Arifin. “Kepemimpinan Pendidikan Transformatif Untuk Mewujudkan Lingkungan Pembelajaran Yang Inklusif Dan Berkeadilan.” Paradigma: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan 11, no. 2 (2025): 82–93. https://journal.nuspublications.or.id/paradigma/article/view/108/60.

Komnas Perempuan). Menata Data, Menajamkan Arah: Refleksi Pendokumentasian Dan Tren Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan 2024. Jakarta, 2024. https://komnasperempuan.go.id/catatan-tahunan-detail/catahu-2024-menata-data-menajamkan-arah-refleksi-pendokumentasian-dan-tren-kasus-kekerasan-terhadap-perempuan?utm.

Laoh, Gisella Previan. “Komnas Perempuan Catat 4.179 Kasus Kekerasan Seksual Pada 2022-2023.” News.Detik.Com. Last modified 2024. Accessed September 8, 2025. https://news.detik.com/berita/d-7323790/komnas-perempuan-catat-4-179-kasus-kekerasan-seksual-pada-2022-2023?utm.

Linome, O, Y Nuhan, M Mengga, M Unang, L Sasa, Y Tmaneak, and G J L Koten. “Analisis Stereotip Gender Dalam Kehidupan Sehari-Hari.” EduKreatif: Jurnal Kreativitas dalam Pendidikan 6, no. 1 (2025): 370–378. https://ijurnal.com/1/index.php/jkp/article/view/433/399.

Lumintang, Marcellius, Grace Margareta Clara, and Satria Evans Umboh. “KARAKTERISTIK YESUS DALAM MATIUS 9:9-13 SEBAGAI FONDASI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN KRISTEN.” The Way: Jurnal Teologi dan Kependidikan 10, no. 2 (December 29, 2024): 160–175. https://journal.sttbetheltheway.ac.id/index.php/teologi-dan-kependidikan/article/view/169.

Malau, Yohanna Cristiani Oktavia, Winardi Tarigan, and Frendy S. “Dekonstruksi Family Time Dalam Keluarga Kristen Dengan Ekonomi Menengah Ke Bawah Di PPA LG IO-0777.” Logon Zoes: Jurnal Teologi, Sosial, dan Budaya 8, no. 1 (2025): 30–46.

Miles, M B, A M Huberman, and J Saldaña. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd ed. Sage, 2014.

Muhammad, A R, B S Aprilia, and M Fatima. “Pentingnya Pendidikan Gender Dan Pencegahan KDRT Di Sekolah.” Jurnal Ilmiah Literasi Indonesia 1, no. 2 (2025): 203–210. https://ojs.indopublishing.or.id/index.php/jili/article/view/188/151.

Ningtias, A A, M B Tambunan, U Kalsum, and H P Sari. “Peran Pendidikan Islam Dalam Membangun Kesetaraan Gender Di Lingkungan Sekolah.” Jurnal Studi Islam Indonesia 3, no. 1 (2025): 1–10. https://ejournal.lapad.id/index.php/jsii/article/view/1015/710.

Nurbayanti, Saskia, Zsazsa Ghania Iqlima, Muhammad Fahmi Fauzi, and Triana Lestari. “Opportunities Promoting Social Inclusion in Elementary School Learning Context: Study of Merdeka Curriculum the Indonesian Policies on GEDSI (Gender, Disability, and Social Inclusion) Framework.” Humanika 24, no. 2 (2024): 161–180.

Nurhikmah. “Membangun Generasi Moderat Melalui Peran Sinergis Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pendidikan Berbasis Budaya.” Dampeng: Journal of Art, Heritage and Culture 1, no. 1 (2025): 1–10. https://journal.abdurraufinstitute.org/index.php/dampeng/article/view/160.

Nurmadewi, D. “Membangun Komunikasi Berbasis Kesetaraan Gender Melalui Media Online.” LENTERA: Journal of Gender and Children Studies 5, no. 1 (2024): 361–372. https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOFC/article/view/38954.

Nurmansyah, Gupi Rohman, Laksmi Dewi, and Hani Yulindrasari. “Gender Perspective in Teacher Education Curriculum as an Instrument of Patriarchy’s Persistence.” Power and Education 0, no. 0 (2025): 1–20.

Ong, C S. “Edukasi Kesetaraan Gender Di SMA Buddhis Bodhicitta Medan Untuk Mengurangi Diskriminasi Dan Kekerasan Berbasis Gender.” Jurnal Abdimas STMIK Dharmapala 6, no. 1 (2026): 43–50. https://ojs.stmikdharmapalariau.ac.id/index.php/jasd/article/view/1074.

Parmawati, R, F Putra, and R Hardyansah. Sustainable Livelihood Approach: Mendorong Pertanian Yang Ramah Lingkungan Dan Berkelanjutan. Edited by UB Press. Malang: UB Press, 2021.

Pertiwi, E P, A Z Ali, B Budiyanto, and E P Sartinah. “Filosofi Dan Prinsip Dasar Pendidikan Inklusi: Implikasi Terhadap Masalah Sosial Masyarakat.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 14, no. 1 (2025): 329–340. https://jurnaldidaktika.org.

Prihantini, Apsari Fajar, Sri Nurhidayah, and Tri Achmad Efendi. “(RE)KONSTRUKSI DAN REPRESENTASI CITRA PEREMPUAN DALAM MEDIA VISUAL PERIKLANAN INDONESIA: UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN.” Jurnal Basataka (JBT) 7, no. 2 (December 30, 2024): 585–599. https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/489.

Putri, A, and M Yasin. “Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Islam: Perspektif Siswa Dan Guru Di SMPN 05 Muara Bengalon.” Al Amiyah: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2, no. 1 (2025): 95–98. https://miftahul-ulum.or.id/ojs/index.php/alamiyah/article/view/229/131.

Saragih, Osi Karina, Murniyati Yanur, and Juli Natalia Silalahi. “Sosialisasi Dan Edukasi Peran Satuan Tugas Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Seksual (SATGAS PPKS) Terhadap Resiliensi Mahasiswa Korban Kekerasan Seksual Di Universitas Palangka Raya.” Jurnal Masyarakat Madani Indonesia 2, no. 4 (November 26, 2023): 510–521. https://syadani.onlinelibrary.id/index.php/JS/article/view/177.

Silma Maosuli, Nadiatul Aini, Sanita, Nilasari, Reza Saskia Amanda, and Agus Kurnia. “Peningkatan Kesadaran Kesetaraan Gender Berbasis Nilai-Nilai Islam Di Lingkungan Sekolah Melalui Kegiatan Edukatif.” Khidmah Nusantara 2, no. 1 (July 7, 2025): 1–13. https://ejournal.rizaniamedia.com/index.php/khidmah/article/view/318.

Stott, John. Issues Facing Christians Today. London: London : Marshall Pickering, 1999. https://archive.org/details/newissuesfacingc0000stot/page/n499/mode/2up.

Telnoni, Benyamin. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Membelajarkan Kesetaraan Gender Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 4, no. 2 (October 27, 2020): 167–179. http://journal.stt-abdiel.ac.id/JA/article/view/153.

UN Women. “SDG 5: Achieve Gender Equality and Empower All Women and Girls.” Www.Unwomen.Org. Accessed September 8, 2025. https://www.unwomen.org/en/node/36060?utm.

UNESCO. Reimagining Our Futures Together: A New Social Contract for Education. Paris: UNESCO Publishing, 2021.

Utami, W S, L Halimah, and N Tripuspita. “Peran Satuan Tugas Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Seksual Di STKIP Pasundan.” Jurnal Citizen Education 7, no. 1 (2025): 44–55. https://e-journal.unimudasorong.ac.id/index.php/CITIZEN/article/view/3747.

Uthaphan, Phattharachai, Rachaneeboon Nathpukdee, Prasong Promsri, Prachan Chachikul, and Surawut Saengmano. “A Study on an Inter-Institutional Collaboration of Family, Community, and Buddhism for Thai Vulnerable Youth.” Journal of Educational Issues 8, no. 2 (2022): 835. https://www.macrothink.org/journal/index.php/jei/article/view/20324/15909.

Wachidah, K, and A Fathoni. “Transformasi Pendidikan Dasar Melalui Sekolah Responsif Gender: Studi Eksperimen Terhadap Peningkatan Kesetaraan Dan Inklusi.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10, no. 2 (2025): 21–24. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/25723.

Wahyuni, H I. “Implementasi Pendidikan Lingkungan Dan Adil Gender Pada Anak Usia Dini: Sebuah Studi Kasus.” Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini 11, no. 1 (2025): 11–13. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pedagogi/article/view/25684/9199.

Wita, G, I F Mursal, Nurhasanah, and H K Rahman. “Pendekatan Multikultural Sebagai Solusi Bias Gender Untuk Kesetaraan Dalam Dunia Pendidikan.” Titikala Jurnal 1, no. 1 (2025): 86–94. https://jurnaltitikala.com/tkj/article/view/7.

Wulandari, Septi, Ardana Putri Farahdiansari, Ida Swasanti, and Esa Septian. “PENDAMPINGAN DAN EDUKASI KESEHATAN SEKSUAL DALAM PERSPEKTIF GENDER PADA REMAJA PUTRI DI DESA MOJOAGUNG.” Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat 6, no. 1 (June 19, 2025): 412–423. https://jurnal-pharmaconmw.com/jmpm/index.php/jmpm/article/view/567.

Yonata, Fadhila. Manifestasi Gender Dalam Buku Ajar. Edited by Abd Rahman Mawazi. Yogyakarta: Sulur Pustaka, 2020. www.sulur.co.id.

Yuliani, Anita, Nike Arta Puspitasari, and Gita Kirana. “Bunga Sekolah Mekar Tanpa Kekerasan: Membangun Kesetaraan Gender Dan Anti Kekerasan Seksual.” Jurnal Panrita Abdi 9, no. 3 (2025): 569–571. https://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/view/41978.

Zed, M. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia, 2014.

Zega, D C F K, E S B Ginting, J Y L Gaol, M G Hutagalung, N A P Jawak, S D Simorangkir, T S V M Munthe, and L Tansliova. “Tantangan Dan Solusi Pendidikan Inklusi Di Sumatera Utara: Mewujudkan Kesetaraan Pendidikan Untuk Semua Anak.” Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya 3, no. 2 (2025): 222–238. https://journal.aspirasi.or.id/index.php/morfologi/article/view/1543.

Downloads

Published

2025-09-20 — Updated on 2025-09-21

Versions

Issue

Section

Articles

How to Cite

Sinergi Sekolah, Keluarga, Dan Komunitas Dalam Pendidikan Inklusif, Bebas Kekerasan Dan Berkeadilan Gender  . (2025). Logon Zoes: Jurnal Teologi, Sosial, Dan Budaya, 8(2), 12-25. https://doi.org/10.53827/lz.v8i2.15 (Original work published 2025)